Jelaskan Mengapa Didirikan Prinses Juliana School?

Jelaskan mengapa didirikan Prinses Juliana School? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran sejarah, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran sejarah ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Jelaskan mengapa didirikan Prinses Juliana School?

Jawaban :
Tujuan didirikannya Prinses Juliana School yakni untuk memenuhi tenaga ahli yang dibutuhkan oleh perusahaan - perusahaan swasta yang ada di Hindia Belanda kala itu. Baca juga Buatlah kronologi sejarah sekolah kejuruan!

Pembahasan :
Prinses Juliana School merupakan sekolah yang didirikan oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1919. Tujuan didirikannya Prinses Juliana School yakni untuk memenuhi tenaga ahli yang dibutuhkan oleh perusahaan - perusahaan swasta yang ada di Hindia Belanda kala itu. Prinses Juliana School merupakan sekolah tertua yang ada di Indonesia. Setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 19 Agustus tahun 1949, Prinses Juliana School diserahkan kepada pemerintah Indonesia, dan berganti nama menjadi STM Jetis yang kemudian menjadi cikal bakal dari sekolah teknik yang ada di Yogyakarta.

Sekolah Teknik Negeri pertama yang ada di Indonesia yakni Sekolah Teknik Menengah di Jogjakarta. Ijazah pertama Sekolah Teknik Menengah di Jogjakarta ini dikeluarkan pada tahun 1951. Jurusan yang ada pada Sekolah ini yakni Teknik Listrik, Teknik Civil dan juga Teknik Mesin. Walaupun sekolah Teknik di kompleks Jetis ini baru mulai mengeluarkan ijazah pada tahun 1951, namun sebelumnya gedung kompleks Jetis ini sudah digunakan untuk gedung Sekolah Teknik pada zaman Belanda maupun pada zaman Jepang. Baca juga Jelaskan hubungan antara Pulau Run (salah satu pulau di Kepulauan Banda) dan Manhattan, New York, pada tahun 1667?

Itu dia tadi pembahasan soal sejarah mengenai alasan mengapa didirikan Prinses Juliana School, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url