Mengapa Kisah Bung Hatta Dapat Menjelaskan Bahwa Beliau Sebagai Pelaku Dan Saksi Sejarah?

Mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran sejarah, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran sejarah ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah?

Jawaban :
Kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah karena Bung Hatta merupakan salah satu orang yang mengalami serta melihat peristiwa sejarah tersebut secara langsung. Baca juga Menurut pendapat kalian, mengapa Bung Hatta dimasukkan sebagai salah satu penggerak dalam sejarah Indonesia?

Pembahasan :
Sumber sejarah dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni sumber sejarah berdasarkan bentuk dan sumber sejarah berdasarkan sifat. Sumber sejarah berdasarkan sifat dapat dibagi lagi menjadi tiga jenis, yakni sumber sejarah primer, sekunder, dan tersier. Sumber sejarah primer merupakan sumber sejarah yang diperoleh dari pelaku, dari peristiwa sejarah ataupun dari orang yang melihat peristiwa sejarah tersebut secara langsung.

Sebagai contoh adalah kisah dari Bung Hatta. Ketika mengkaji mengenai peristiwa perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, kisah Bung Hatta bisa dijadikan sebagai sumber sejarah primer. Hal tersebut karena Bung Hatta merupakan pelaku sejarah atau orang yang mengalami sejarah tersebut secara langsung. Selain itu, Bung Hatta juga bertindak sebagai saksi sejarah, dapat dikatakan sebagai saksi sejarah karena beliau melihat peristiwa perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia secara langsung. Baca juga Mengapa trem dapat menjadi simbol penjajahan bagi kaum pergerakan kemerdekaan pada masa itu?

Maka dari itu, alasan mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah adalah karena Bung Hatta merupakan salah satu orang yang mengalami serta melihat peristiwa sejarah tersebut secara langsung.

Itu dia tadi pembahasan soal sejarah mengenai mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimaksih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url