Berdasarkan Artikel Di Atas, Buatlah Kronologi Tentang Sejarah Bank Indonesia Terutama Pada Periode Pengakuan Kedaulatan RI Sampai Dengan Nasionalisasi DJB

Berdasarkan artikel di atas, buatlah kronologi tentang sejarah Bank Indonesia terutama pada periode Pengakuan Kedaulatan RI sampai dengan Nasionalisasi DJB - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran sejarah, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran sejarah ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Berdasarkan artikel di atas, buatlah kronologi tentang sejarah Bank Indonesia terutama pada periode Pengakuan Kedaulatan RI sampai dengan Nasionalisasi DJB.

Jawaban :
Bank Indonesia mempunyai sejarah yang cukup panjang. Pada awalnya, bank ini merupakan milik pemerintah kolonial Hindia Belanda, pada saat bank tersebut masih dalam kepilikan pemerintah kolonial Hindia Belanda bank tersebut dikenal dengan nama De Javasche Bank (DJB). Kemudian, pada zaman Orde Lama, De Javasche Bank (DJB) diambil alih oleh pemerintah Indonesia yang kemudian sekarang dikenal dengan nama Bank Indonesia yang merupakan bank sentral bangsa Indonesia. Baca juga Menurut pendapat kalian, dari sedikit kisah Bung Hatta dari artikel di atas, teladan apa yang patut kalian contoh? Mengapa hal itu patut dicontoh hingga zaman sekarang?

Pembahasan :
Tahun 1827, Raja Willem I memerintahkan pemerintah kolonial Hindia Belanda (VOC) yang ada di Nusantara untuk mendirikan sebuah bank, bank ini kemudian dikenal dengan nama De Javasche Bank (DJB). Bank ini memiliki fungsi yakni untuk mengatasi permasalahan ekonomi serta keuangan yang ada di daerah - daerah koloni VOC Belanda di Nusantara. Ketika dibawah kekuasaan Belanda, DJB berhasil menyelesaikan berbagai macam permasalahan moneter yang ada.

Setelah bangsa Indonesia berhasil mendapatkan kemerdekaan, DJB diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Kemudian, pada tanggal 1 Juli tahun 1953 pemerintah pusat negara Indonesia mengganti nama De Javasche Bank (DJB) menjadi Bank Indonesia. Tujuan dari nasionalisasi De Javasche Bank (DJB) menjadi Bank Indonesia yakni untuk mengubah sistem ekonomi kolonial Hindia Belanda menjadi ekonomi nasional Indonesia, memajukan usaha pribumi Indonesia, serta menjalin kerjasama ekonomi antar pribumi maupun bangsa asing yang ada di Indonesia. Baca juga Adakah peristiwa pengulangan yang terkait dengan berhentinya trem sebagai salah satu moda transportasi umum apabila kalian hubungkan dengan kejadian pada masa kini terkait dengan nasib dari moda transportasi umum? Jelaskan sesuai dengan kondisi penggunaan moda transportasi umum di daerah kalian!

Itu dia tadi pembahasan soal sejarah mengenai kronologi tentang sejarah Bank Indonesia terutama pada periode Pengakuan Kedaulatan RI sampai dengan Nasionalisasi DJB, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimaksih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url