PERBEDAAN PROSA LAMA DAN PROSA BARU

Jelaskan Perbedaan Prosa Baru dengan Prosa Lama - Nah jika kalian mempunyai pertanyaan seperti yang saya ketikan ini atau sedikit menyangkut hal yang ingin saya bahas kali ini silahkan kalian melanjutkan membacanya. Kalau kurang sesuai dengan yang kalian cari silahkan kalian berkomentar untuk meminta contohnya supaya saya bisa langsung respon pertanyaan kalian.

Prosa Lama
Bentuk prosa yang pertama ialah prosa lama. Prosa lama ialah suatu karya sastra yang pembuatannya belum ada pengaruh dari budaya barat. Dahulunya bentuk prosa lama ini berupa tulisan karena jaman dahulu belum ditemukan alat tulis menulis. Namun seiring berkembangnya jaman karya prosa lama dapat berupa tulisan juga. Dibawah ini terdapat jenis jenis prosa lama beserta penjelasannya.
PERBEDAAN PROSA LAMA DAN PROSA BARU

Hikayat
Jenis prosa lama yang pertama ialah hikayat. Hikayat ialah sebuah cerita yang berupa kehidupam para dewa, pangeran, raja, dewi dan sebagainya. Untuk cerita yang terdapat dalam hikayat ini memiliki sifat tidak masuk akal ataupun fiksi. Misalnya Hikayat Raja Bijak, Hikayat Hang Jebat, Hikayat Nabi Sulaiman, dan sebagainya.

Tambo atau Sejarah
Jenis prosa lama selanjutnya ialah tambo atau sejarah. Sejarah ialah sebuah karangan prosa lama yang berupa kejadian kejadian tertentu. Untuk sejarah yang bersifat lama memiliki perbedaan dengan tulisan sejarah yang dibuat dimasa sekarang. Biasanya sejarah karya lama memiliki tambahan tambahan cerita yang membuat karangan menjadi lebih menarik. Sedangkan sejarah karya sastra sekarang lebih berisi kejadian kejadian yang sebenarnya dan dapat dibuktikan dengan fakta. Contoh sejarah prosa lama yaitu Sejarah Melayu yang dibuat pada tahun 1612 oleh Tun Sri Lanang.

Kisah
Jenis prosa lama selanjutnya ialah kisah. Kisah ialah jenis prosa lama yang berupa cerita pendek. Pada umumnya kisah ini berisi tentang pengalaman, petualangan, ataupun perjalanan orang orang dulu. Contoh kisah prosa lama yaitu kisah perjalanan Raja Abdullah menuju Kota Mekkah.

Dongeng
Jenis prosa lama selanjutnya ialah dongeng. Dongeng ialah jenis prosa lama yang menceritakan tentang khayalan zaman dahulu. Prosa lama yang satu ini lebih populer dibandingkan jenis prosa lainnya. Untuk jenis jenis cerita dongengpun berbeda beda tergantung isi ceritanya. Berikut jenis dongeng :

Mitos
Mitos termasuk kedalam jenis prosa lama kategori cerita dongeng. Mitos ialah cerita dongeng yang berisis tentang kepercayaan pada hal hal magis maupun alam ghaib. Misalnya : dongeng asal mula Kuntilanak, dongeng batu menangis, Ratu Pantai Selatan dan sebagainya.

Legenda
Legenda termasuk kedalam jenis prosa lama kategori cerita dongeng. Legenda merupakan cerita dongeng yang berupa asal mula maupun riwayat mengenai sesuatu hal yang terjadi. Misalnya : Legenda Pulau Jawa, Legenda Candi Prambanan, dan sebagainya.
 Fabel
Fabel termasuk kedalam jenis prosa lama kategori cerita dongeng. Fabel ialah cerita dongeng yang berupa kisah kisah yang tokohnya berupa binatang. Dongeng fabel ini banyak digunakan oleh orang tua sebagai alat pendidikan anaknya. Misalnya : Kancil Yang Bijak, Kura Kura dan Kelinci, dan sebagainya.

Sage
Sage termasuk kedalam jenis prosa lama kategori cerita dongeng. Sage merupakan jenis dongeng yang berisi kisah keberanian, kesaktiaan seseorang ataupun kepahlawanan. Misalnya : calon arang, ciung wanara, Patih Gadjah Mada, dan sebagainya.

Pandir atau Jenaka
Pandir atau jenaka termasuk kedalam jenis prosa lama kategori cerita dongeng. Jenaka merupakan cerita dongeng yang berupa kisah orang bodoh dengan nasib yang sial. Biasanya cerita jenaka ini bersifat lucu sehingga dapat menghibur para pendengar pendengarnya. Misalnya dongeng si pandir, dongeng abunawas, dan sebagainya.

Prosa Baru
Bentuk prosa selanjutnya ialah prosa baru. Prosa baru ialah suatu karya sastra yang pembuatannya terdapat pengaruh dari budaya barat atau budaya asing. Awal mula munculnya prosa baru ketika prosa lama telah dianggap kuno. Dibawah ini terdapat jenis jenis prosa baru beserta penjelasannya :

Roman
Jenis prosa baru yang pertama ialah roman. Roman ialah jenis prosa baru yang ceritanya berupa kisah seseorang dari lahir sampai meninggal. Jenis prosa ini menyuguhkan pembelajaran kehidupan secara menyeluruh dengan alur bercabang. Misalnya layar terkembang hasil karya dari Sultan Takdir Ali Syahbana.

Novel
Jenis prosa baru selanjutnya ialah novel. Novel ialah jenis prosa baru yang ceritanya panjang. Novel tersebut berisi tentang kehidupan seseorang secara sebagian dengan berbagai bentuk konflik yang terjadi. Konflik inilah yang dapat merubah sikap dari tokoh ceritanya. Misalnya Novel Sang Pemimpi, Novel Ave Maria, Novel Ayat Ayat Cinta, dan sebagainya.

Cerpen
Jenis prosa baru selanjutnya ialah cerpen. Cerpen ialah jenis prosa baru yang banyak disukai, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. Cerpen ini bercerita tentang pengalaman maupun kisal sebagian dari tokoh utamanya. Untuk jenis cerita cerpen dan novel memiliki perbedaan dalam hal konfliknya. Untuk konflik cerpen hanya satu saja dan ridak mengakibatkan perubahan sikap pada pemeran utama. Misalnya cerpen keluarga gerilya yang dibuat oleh Pramoedya Ananta, cerpen robohnya surau kami yang dibuat oleh A.A. Navis, dan sebagainya.

Riwayat
Jenis prosa baru selanjutnya ialah riwayat. Riwayat ialah karangan prosa baru yang menceritakan pengalaman hidup seseorang dari lahir sampai meninggal yang berasal dari kisah nyata. Untuk riwayat ini biasanya berisi tentang kisah tokoh yang menginspirasi banyak orang maupun terkenal. Riwayat ini dapat dibagi menjadi beberapa bentuk yaitu otobiografi dan biografi. Otobiografi merupakan sebuah kisah yang dibuat oleh tokoh yang memiliki kaitannya, sedangkan biografi ialah sebuah kisah yang dibuat serta ditulis oleh orang lain.

Kritik
Jenis prosa baru selanjutnya ialah kritik. Kritik ialah sebuah ulasan mengenai pandangan seseorag tentang karya maupun hasil kerja orang lain. Untuk kritik berupa asalan yang bersifat objektif, tertentu dan menghakimi.

Resensi
Jenis prosa baru selanjutnya ialah resensi. Resensi ialau  jenis prosa baru yang berupa ulasan sebuah karya seperti film, lagu, buku maupaun karya lainnya. Resensi ini memberikan penilaian mengenai tokoh, alur, tema, ataupun unsur lain yang menjadi pertimbangan pembaca maupun pendengranya.

Esai
Jenis prosa baru yaang terakhir ialah esai. Esai merupakan sebuah tulisan yang berisi pendapat penulis mengenai sesuatu hal yang sedang terjadi dalam masyarakat.

Demikian adalah ulasannya, sekarang giliran kalian untuk menyimpulkan perbedaanya. Selamat belajar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url