Melalui website ini pendidikan Indonesia akan lebih baik dan maju dalam era teknologi

Senin, 26 November 2018

CARA MENEMUKAN PERBEDAAN KEISTIMEWAAN DAN KETELADANAN TOKOH

"

Perbedaan Keistiemewaan dan Keteladanan TokohKeteladanan tokoh ialah sikap terpuji yang dimiliki oleh seseorang yang terdapat dalam teks biografi dan patut untuk diteladani oleh pembaca. Sedangkan keistimewaan tokoh ialah kelebihan dari tokoh teks biografi. Contohnya tokoh tersebut memiliki kelebihan yakni suaranya merdu dan khas maka dari itu ia berprofesi sebagai penyanyi. Menentukan keteladanan tokoh dalam teks biografi dengan cara membaca seluruh teks dengan teliti. Begitu pula saat menentukan keistimewaan tokoh dalam teks biografi.

Untuk kategori teks biograsi singkat, biasanya hanya berisi peran tokoh dan fakta kehidupan tokoh saja. Namun untuk kategori teks biografi panjang biasanya berisi informasi penting mengenai tokoh secara terperinci dan gaya penulisan yang baik. Maka dari itu keahlian penulis sangat berpengaruh pada kemenarikan teksnya. Selain itu teks biografi juga harus mencakup sikap tokoh yang istimewa dan patut diletadani oleh pembaca. Untuk lebih memahami tentang keteladanan dan keistimewaan tokoh teks biograsi, saya juga sertakan contoh teksnya. Berikut contoh menentukan keteladanan tokoh dalam teks biografi dan menentukan keistimewaan tokoh dalam teks biografi.
CARA MENEMUKAN PERBEDAAN KEISTIMEWAAN DAN KETELADANAN TOKOH


Contoh Teks ke 1

"B.J. Habibie"

B.J. Habibie adalah anak dari Alwi Abdul Jalil Habibie dengan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Beliau merupakan anak yang ke 4 dari delapan bersaudara. Alwi Abdul Jalil Habibie (Ayah B.J.Habibie) lahir di Gorontalo pada tangga 17 Agustus 1908. Kemudian R.A. Tuti Marini Puspowardojo (Ibu B.J.Habibie) lahir di Yogyakarta dan merupakan anak dari Puspowardojo selaku pemilik sekolah tempat B.J. Habibie menuntut ilmu. Pada tanggal 12 Mei 1962, B.J. Habibie mempersunting Hasri Ainun Besari sebagai istrinya. Beliau dikaruniai dua putra yang bernama Thareq Kemal dan Ilham Akbar.

B.J. Habibie bersekolah di SMAK Dago untuk menuntut ilmu. Kemudian pada tahun 1954, beliau melanjutkan sekolah di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Mesin. Lalu melanjutkan lagi ke RWTH Aachen, Jerman Barat, jurusan teknik penerbangan yakni spesialisasi konstruksi pesawat terbang pada tahun 1955 sampai tahun 1965. Tahun 1960 B.J. Habibie mendapatkan gelar diplom ingenieur dan tahun 1960, beliau mendapatkan gelar doktor ingenieur dengan predikat summa cum laude. B.J. Habibie adalah tokoh yang memiliki semangat dan daya juang tinggi dalam hal belajar. Maka dari itu beliau dapat menyelesaikan pendidikannya degan baik meskipun tergolong sulit.

Berdasarkan teks biografi singkat di atas, dapat kita peroleh:
  • Keteladanan tokoh dalam teks biografi B.J. Habibie yakni mempunyai semangat dan daya juang tinggi dalam hal belajar
  • Keistimewaan tokoh dalam teks biografi B.J. Habibie yakni dapat memperoleh predikat summa cum laude dengan gelar doktor ingenieur.

Contoh Teks ke 2

Seniman sastra Indonesia yang terkenal di Indonesia ialah Habiburrahman El Shirazy. Beliau merupakan penulis dari buku Novel Ketika Cinta Bertasbih dan Ayat Ayat Cinta. Novel tersebut disambut baik oleh penggemar Novel tanah air. Bahkan novel hasil karya dari Habiburrahman El Shirazy juga dijadikan sebagai sinetron dan film.

Menurut Habiburrahman El Shirazy atau Kang Abik bahwa dalam satu waktu beliau dapat membuat beberapa novel. Ibarat sedang makan, ia merasa bosan apabila makan makanan yang menunya cuma satu itu terus dalam beberapa hari. Untuk menghindari kejenuhan dalam menulis, Kang Abik melakukan strategi selang seling dalam membuat Novel yang bergenre Islami.

Habiburrahman El Shirazy lahir pada tanggal 30 September 1976 di kota Semarang. Beliau berpendapat bahwa karya karya novelnya dibuat tanpa adanya kesulitan apapun. Bahkan karyanya tersebut dekat dengan kehidupan ini.

Sejak Kang Abik di bangku sekolah, ia memang suka menghabiskan waktunya untuk membaca dan menulis. Di kala itu, ia sering membuat tulisan tulisan yang bertajuk ilmiah dan tidak sedikit pula mendapatkan penghargaan atas tulisan tersebut. Habiburrahman El Shirazy melanjutkan kuliah S2 nya tanpa beasiswa apapun. Hal ini membuat ia memutar otak agar mendapatkan uang kuliah. Akhirnya ia bekerja sebagai penterjemah tulisan ilmiah maupun non ilmiah yang berbahasa Arab menjadi bahasa Inggris. Pekerjaan tersebut dilakukan dengan tekun, disiplin dan rutin.

Berdasarkan teks biografi singkat di atas, dapat kita peroleh keteladanan tokoh dalam teks biografi Habiburrahman El Shirazy yaitu:
  1. Sejak beliau masih muda sering menghabiskan waktunya untuk membaca dan menulis.
  2. Hasil karya dari Habiburrahman El Shirazy telah banyak dibuat menjadi film.
  3. Dalam satu waktu, beliau dapat menulis beberapa bentuk novel.
  4. Beliau juga ahli dalam menterjemahkan buku buku yang berbahasa Arab maupun Inggris.

Nah demikian contoh bagaimana cara kalian dalam menemukan keistimewaan dan keteladanan suatu tokoh dalam biografi seseorang atau seorang tokoh nasional. Semoga contoh ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal bahasa indonesia. Jangan lupa untuk komentar kalau memang artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MENEMUKAN PERBEDAAN KEISTIMEWAAN DAN KETELADANAN TOKOH

0 komentar:

Posting Komentar