KUMPULAN SOAL CPNS DAN JAWABAN LENGKAP 2018

Kumpulan soal CPNS 2018 dan Jawabannya - Kunci dari kelulusan tes CPNS adalah keberhasilan dari menjawab soal-soal tes CAT CPNS yang diujikan, dan dari soal yang berjumlah 100 butir tersebut semuanya dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban.

Sejak diumumkannya penerimaan CPNS beberapa waktu lalu tentu sebagian calon peserta sudah mulai mempersiapkan diri menjelang tes seleksi CPNS, terlebih ada juga yang mencari soal CPNS 2018-2019 dan Kunci Jawaban, untuk itu disini kami akan berbagi tentang keduanya baik soal tes maupun kunci jawaban untuk sobat yang memang memerlukannya.
KUMPULAN SOAL CPNS DAN JAWABAN LENGKAP 2018

Semakin ketatnya seleksi CPNS membuat peluang semakin kecil namun pada prinsipnya kelulusan tes CPNS didasarkan pada 3 kategori kelulusan sola tes yang diujikan, misal dari 100 soal ternyata didalamnya terdapat 3 jenis atau kategori soal yang sebenarnya merupakan gabungan dari soal integensi umum, soal wawasan kebangsaan dan soal karakteristik pribadi.

Sedangkan untuk jenis tes terbagi menjadi 2 yakni kita harus lulusa soal kompetensi dasar (SKD) baru nanti akan ada soal kemampuan bidang (SKB), setiap soal memiliki 4 pilihan jawaban yakni A, B, C, dan D.

Artinya setiap soal memiliki peluang sebanyak 1/4 atau 25% kemungkinan memilih jawaban yang tepat, bila dilihat memang rasanya cukup sederhana dan berikut lebih lanjut bahasan mengenai soal tes CPNS tahun 2018 maupun CPNS 2019 yang akan datang.

Dari pengalaman yang sudah-sudah ada beberapa poin penting yang wajib diketahui oleh peserta agar impian lulus tes CPNS tahun ini benar-benar terwujud.

Pertama yakni passing grade atau ambang batas nilai, apa itu passing grade? dan berapa passing grade yang ditetapkan pada tes CPNS 2018? jawabannya sudah pernah ditulis, silahkan cek artikel kami sebelumnya di Passing grade CPNS 2018.

Baiklah mengenai passing grade soal tes CPNS rasanya tak perlu diperpanjang lagi selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah komponen soal tes ujian CPNS karena banyak anggapan yang kurang tepat mengenai soal tes dapat menyebabkan peserta gagal lulus sebenarnya ini ada kaitannya dengan passing grade yang telah dibahas sebelumnya.

Ada kaitan dengan passing grade karena dalam komponen soal tes ujian yang akan dikerjakan masing-masing harus memenuhi ambang batas nilai yang telah ditentukan, ya seperti pada pelaksanaan tes CPNS tahun sebelumnya soal ujian mempunyai total 100 butir soal yang masing-masing terdiri dari 3 komponen soal CPNS.

Komponen Soal CPNS di Tes Kompetensi Dasar (SKD)
Komponen soal yang dimaksud adalah :
  1. Soal Wawasan Kebangsaan
  2. Soal Pengetahuan Umum
  3. Soal Karakteristik Pribadi
Jika salah satu saja dari 3 komponen tidak mencapai nilai minimal (passing grade) maka dinyatakan tidak lulus, ini tentu hal yang serius terutama bagi yang memang ingin lulus dalam tes seleksi CPNS yang diikuti kali ini.

Kalaupun kalian sudah lulus belum tentu kalian akan diterima manjadi CPNS tahun 2018, yang pasti untuk menjadi CPNS 2018  yang menentukan adalah nilai, nilai tertinggilah yang bisa masuk ke CPNS 2018. Usahakan nilai minimal kalian itu sekitar 3.30 - 4.00 range nilai itulah yang biasa diterima CPNS. Adapun faktor lainnya adalah keberuntungan dari doa kalian.

Nah untuk mempersiapkan nilai tersebut, saya akan bantu berikan beberapa soal cpns yang sudah ada kuncinya/ jawabannya. Jadi silahkan di unduh saja di bawah ini
  1. Aplikasi CAT CPNS 2018 - Download - Passwoord (seocontoh.web.id)
  2. Soal TKD & TIU 2018 - Download
  3. Soal TKD & TKP 2018 - Download
  4. Soal TKD & TWK 2018 - Download
Semoga dengan beberapa contoh diatas bisa membuat kalian lancar dalam mengerjakan soal cpns. Semua penjelasan tentang aturan main dalam tes cpns sudah saya bagikan juga untuk kalian. Ohya jangan lupa share info ini untuk keluarga kalian.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url