Berdasarkan Gambar 2.8, Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut! 1. Variabel (Keterangan) Apakah Yang Ditunjukkan Oleh Sumbu X Dan Sumbu Y Dalam Grafik Tersebut? 2. Perhatikan Arah Pergerakan Zat, Dari Titik Mana Zat Itu Mulai Bergerak? 3. Perhatikan Titik A Dan Titik B Lalu Bandingkan Konsentrasi Zat Di Kedua Titik Tersebut! Di Titik Manakah Konsentrasi Zat Terlihat Lebih Tinggi? Di Titik Manakah Konsentrasi Zat Terlihat Lebih Rendah? 4. Perhatikan Garis Merah Di Gambar 2.8, Garis Tersebut Menunjukkan Gradien Konsentrasi Zat, Bagaimana Hubungan Antara Pergerakan Zat Dan Gradien Konsetrasi? [Soal Aktivitas 2.12 Hal. 45-46 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]

Berdasarkan Gambar 2.8, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! 1. Variabel (keterangan) apakah yang ditunjukkan oleh sumbu x dan sumbu y dalam grafik tersebut? 2. Perhatikan arah pergerakan zat, dari titik mana zat itu mulai bergerak? 3. Perhatikan titik A dan titik B lalu bandingkan konsentrasi zat di kedua titik tersebut! Di titik manakah konsentrasi zat terlihat lebih tinggi? Di titik manakah konsentrasi zat terlihat lebih rendah? 4. Perhatikan garis merah di Gambar 2.8, garis tersebut menunjukkan gradien konsentrasi zat, bagaimana hubungan antara pergerakan zat dan gradien konsetrasi? [Soal Aktivitas 2.12 Hal. 45-46 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Biologi, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Biologi ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Aktivitas 2.12 Halaman 45-46 Biologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Berdasarkan Gambar 2.8, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Variabel (keterangan) apakah yang ditunjukkan oleh sumbu x dan sumbu y dalam grafik tersebut?
  2. Perhatikan arah pergerakan zat, dari titik mana zat itu mulai bergerak?
  3. Perhatikan titik A dan titik B lalu bandingkan konsentrasi zat di kedua titik tersebut! Di titik manakah konsentrasi zat terlihat lebih tinggi? Di titik manakah konsentrasi zat terlihat lebih rendah?
  4. Perhatikan garis merah di Gambar 2.8, garis tersebut menunjukkan gradien konsentrasi zat, bagaimana hubungan antara pergerakan zat dan gradien konsetrasi?
(Pembahasan Soal Aktivitas 2.13 Hal. 47-48 Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Amati Gambar 2.9 dengan saksama! Berdasarkan Gambar 2.9 diskusikan dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! 1. Bandingkan konsentrasi oksigen di dalam alveolus dan sel darah merah di dalam pembuluh kapiler, manakah yang konsentrasi oksigennya lebih tinggi? 2. Bandingkan konsentrasi karbon dioksida di alveolus dan dalam sel darah merah dalam pembuluh kapiler, manakah yang konsentrasi karbon dioksidanya lebih tinggi? 3. Bagaimana perpindahan atau pergerakan oksigen dan karbon dioksida? 4. Apakah yang akan terjadi jika pertukaran oksigen dan karbon dioksida di alveolus dan kapiler darah tersebut terganggu? Faktor apa sajakah yang dapat menyebabkan gangguan pertukaran oksigen dan karbon dioksida? Perkuat pendapat Kalian dengan penjelasan konsep dari literatur/bahan bacaan yang tersedia. [Soal Aktivitas 2.13 Hal. 47-48 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]

Jawaban Dan Pembahasan : (Soal Aktivitas 2.12 Halaman 45-46)
  1. Variabel (keterangan) yang ditunjukkan oleh sumbu x dan sumbu y dalam grafik tersebut yaitu sumbu x menunjukkan konsentrasi, sedangkan untuk sumbu y menunjukkan jarak. Kedua sumbu x dan y tersebut menggambarkan gradien konsentrasi.
  2. Zat itu mulai bergerak atau berpindah menuju ke konsentrasi yang lebih rendah, dari A menuju ke B.
  3. Setelah kita membandingkan konsentrasi zat di kedua titik A dan B tersebut, kita bisa tahu bahwa konsentrasi molekul di titik A lebih tinggi dari pada konsentrasi molekul di titik B.
  4. Perhatikan garis merah yang terdapat pada gambar yang ada pada soal di atas, hubungan antara pergerakan zat dan gradien konsetrasi yaitu zat berpindah dari konsentrasi tinggi menuju ke konsentrasi rendah. Hal tersebut berarti zat berpindah searah dengan gradien konsentrasi.
(Pembahasan Soal Aktivitas 2.14 Hal. 48-49 Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka ada di artikel sebelumnya) Baca juga Pelajari Gambar 2.10 berikut ini. Ingat kembali struktur membran plasma yang sudah Kalian pelajari di bab sebelumnya. Apakah Kalian tahu peran glukosa dalam tubuh? Glukosa berperan sebagai sumber energi sel. Berdasarkan Gambar 2.10 jawab pertanyaan berikut ini! 1. Bagaimana perbandingan konsentrasi glukosa di luar dan di dalam sel? 2. Perhatikan arah panah pergerakan glukosa, dari mana glukosa bergerak? 3. Komponen apa dari struktur membran plasma yang dilalui glukosa ketika bergerak? 4. Mengapa pergerakan glukosa harus difasilitasi oleh komponen tertentu dari struktur membran plasma? 5. Mungkinkah terjadi gangguan terhadap pergerakan glukosa? Apakah yang terjadi jika terdapat gangguan terhadap proses pergerakan glukosa ketika melintasi membran plasma? [Soal Aktivitas 2.14 Hal. 48-49 Biologi SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]

Itu dia tadi pembahasan soal Biologi mengenai “Berdasarkan Gambar 2.8, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! 1. Variabel (keterangan) apakah yang ditunjukkan oleh sumbu x dan sumbu y dalam grafik tersebut? 2. Perhatikan arah pergerakan zat, dari titik mana zat itu mulai bergerak? 3. Perhatikan titik A dan titik B lalu bandingkan konsentrasi zat di kedua titik tersebut! Di titik manakah konsentrasi zat terlihat lebih tinggi? Di titik manakah konsentrasi zat terlihat lebih rendah? 4. Perhatikan garis merah di Gambar 2.8, garis tersebut menunjukkan gradien konsentrasi zat, bagaimana hubungan antara pergerakan zat dan gradien konsetrasi?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url