Diantara Isi Q.S. Yūnus/10: 40-41 Adalah Agar Umat Islam Mempunyai Sikap [Soal Hal. 205-208 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]

Diantara isi Q.S. Yūnus/10: 40-41 adalah agar umat Islam mempunyai sikap [Soal Hal. 205-208 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka] - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Waratabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Halaman 205-208 PAI SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal Pilihan Ganda Nomor 1 - 10 :
1. Perhatikan Q.S. Yūnus/10: 40, di bawah ini!
Sambungan ayat di atas yang tepat adalah ….
Jawaban : C

2. Dalam Q.S. Yūnus/10: 41 ada kalimat …
Terjemahan yang tepat untuk kalimat di atas adalah ….
A. maka dengarkanlah, “Bagiku pekerjaanku…
B. maka dengarkanlah, Bagimu pekerjaanku…
C. maka katakanlah, “Bagimu pekerjaanku…
D. maka katakanlah, “Bagiku pekerjaanmu…
E. maka katakanlah, “Bagiku pekerjaanku…
Jawaban : E

3. Diantara isi Q.S. Yūnus/10: 40-41 adalah agar umat Islam mempunyai sikap ….
A. wira’i
B. zuhud
C. qana’ah
D. samhah
E. syaja’ah
Jawaban : D

4. Perhatikan ayat di bawah ini!
Dari ayat yang digaris bawahi di atas bacaan tajwid yang benar dan urut adalah….
A. idzhar syafawi, ikhfa’, ghunnah dan mad wajib munfasil
B. ikhfa’ syafawi, ikhfa’, ghunnah, dan mad jaiz munfasil
C. ikhfa, ikhfa’ syafawi, mad jaiz munfasil, dan ghunnah
D. mad wajib muttasil, ghunnah, ikhfa, ikhfa’ syafawi
E. ikhfa’, idzhar syafawi, ghunnah, dan mad jaiz munfasil
Jawaban : B

5. Dalam Hadis Nabi Muhammad Saw., dari Abu Hurairah r.a., bahwa al-Thufail bin ‘Amr menemui Nabi Muhammad Saw. dan menceritakan bahwa Daus (salah satu kabilah Yaman) telah durhaka dan menolak ajaran dakwahnya, dan meminta agar Nabi mendoakan mereka binasa. Terhadap hal tersebut, respon Nabi Muhammad Saw. Sesuai dengan hadis tersebut adalah ….
A. Nabi berdoa, “Ya Allah berilah azab kepada kabilah Daus dan datangkanlah (mereka) bersama orang yang binasa.”
B. Nabi berdoa, “Ya Allah berilah azab kepada kabilah Daus dan datangkanlah (mereka) bersama orang yang kufur.”
C. Nabi berdoa, “Ya Allah berilah petunjuk kepada kabilah Daus dan datangkanlah (mereka) bersama orang muslim (masuk Islam).”
D. Nabi berdoa, “Ya Allah berilah petunjuk kepada kabilah Daus dan datangkanlah (mereka) bersama orang yang ahl al-ilmi.”
E. Nabi berdoa, “Ya Allah berilah petunjuk kepada kabilah Daus dan datangkanlah (mereka) bersama pemimpin yang adil.”
Jawaban : C

6. Perhatikan ayat di bawah ini!
Terjemahan yang tepat dari ayat di atas adalah ….
A. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakanakan dia telah memelihara kehidupan semua manusia
B. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakanakan dia telah memelihara kehidupan banyak manusia
C. Barangsiapa memelihara kehidupan yang ada di bumi, maka seakanakan dia telah memelihara kehidupan semua makhluk
D. Barangsiapa memelihara kehidupan seluruh makhluk, maka seakanakan dia telah memelihara kehidupan di alam semesta
E. Barangsiapa memelihara kehidupan banyak manusia, maka seakanakan dia telah memelihara kehidupan seluruh manusia
Jawaban : A

7. Perhatikan Q.S. Al-Maidah/ 5: 32 di bawah ini!
Dari ayat di atas yang digaris bawahi mempunyai bacaan tajwid secara urut adalah ….
A. idzhar khalqi, qalqalah sughra, ikhfa’, ghunnah, dan mad thabi’i
B. idzhar khalqi, qalqalah kubra, ikhfa’, ghunnah, dan mad thabi’i
C. idzhar khalqi, qalqalah sughra, ikhfa’ syafawi, ghunnah, dan mad thabi’i
D. idzhar khalqi, qalqalah sughra, ikhfa’, iqlab, dan mad thabi’i
E. idzhar khalqi, qalqalah sughra, ikhfa’, ghunnah, dan mad ’arid
Jawaban : A

8. Pernyataan di bawah ini yang merupakan penerapan dari Q.S. Al-Maidah/ 5: 32 adalah ….
A. melaksanakan shalat lima waktu di awal waktu
B. melaksanakan shalat tahajud pada sepertiga malam
C. memberikan santunan kepada anak yatim piatu
D. berpuasa sunah setiap hari senin dan kamis
E. membaca al-Quran setiap hari di rumah dan masjid
Jawaban : C

9. Diriwatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr, dari Nabi Muhammad Saw., beliau bersabda: ”Barangsiapa yang membunuh mu’ahid (nonmuslim yang mendapatkan janji jaminan keamanan dari orang muslim) tidak akan dapat mencium harumnya surga, padahal harumnya dapat dicium dari perjalanan ….
A. sepuluh tahun
B. dua puluh tahun
C. tiga puluh tahun
D. empat puluh tahun
E. lima puluh tahun
Jawaban : D

10. Dalam hadis riwayat Muslim, bahwa Nabi Muhammad Saw. Menyebutkan bahwa orang yang datang pada hari kiamat membawa shalat, puasa dan zakat. Tetapi di samping itu juga pernah mencaci si ini, menuduh si ini, makan harta si ini, menumpahkan darah si ini, dan memukul si ini.
Dalam hadis tersebut disebut dengan orang yang ….
A. al-mukhlis
B. al-muflis
C. al-muhsin
D. al-dzalim
E. al-‘ashi
Jawaban : B

Soal Uraian (pembahasan soal uraian nomor 1-5 ada di artikel sebelumnya)
  1. Perhatikan Q.S. Yūnus/10: 40! Dari ayat di atas carilah bacaan hukum bacaan nun sukun dan mim sukun! [Soal Hal. 205-208 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
  2. Bagaimana isi kandungan Q.S. Yūnus/10: 40-41! [Soal Hal. 205-208 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
  3. Bagaimana cara menerapkan isi kandungan Q.S. Yūnus/10: 40-41 dalam kehidupan sehari-hari! Jelaskan minimal tiga! [Soal Hal. 205-208 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
  4. Bagaimana isi kandungan Q.S. Al-Māidah/5: 32! Jelaskan minimal tiga! [Soal Hal. 205-208 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
  5. Pasa saat ada pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan protokol kesehatan, yaitu menganjurkan masyarakat memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Bagaimana pendapatmu tentang kebijakan tersebut dihubungkan dengan isi Q.S. Al-Māidah/5: 32! [Soal Hal. 205-208 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Itu dia tadi pembahasan soal pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url