Sebutkan Tingkatan Berpikir, Sehingga Seseorang Itu Sudah Sampai Taraf علم/ ’Ilm, ظنّ (Dhann/Dugaan), Dan شك (Syakk/Keraguan)? (Soal Hal.27-31 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka)

Sebutkan tingkatan berpikir, sehingga seseorang itu sudah sampai taraf علم/ ’ilm, ظنّ (dhann/dugaan), dan شك (syakk/keraguan)? (Soal Hal.27-31 PAI SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka) - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Halaman 27-31 PAI SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Soal :
Sebutkan tingkatan berpikir, sehingga seseorang itu sudah sampai taraf علم/ ’ilm, ظنّ (dhann/dugaan), dan شك (syakk/keraguan)?

Jawaban :
Tingkatan berpikir :
Tingkatan علم / ’ilm, apabila pengetahuan itu, didukung bukti-bukti kuat. Tingkatan ظنّ (dhann/dugaan), apabila buktinya belum meyakinkan, tetapi kebenarannya lebih dominan, sedangkan Tingkatan شك (syakk/keraguan), jika kemungkinan benar dan salahnya seimbang.

Pembahasan :
Berpikir terambil dari bahasa Arab, yaitu الفكر , berarti kekuatan yang menembus suatu obyek, sehingga menghasilkan pengetahuan. Apabila pengetahuan itu didukung bukti-bukti yang kuat, dinamakan علم / ’ilm (Q.S. at-Takātsur/102: 3-5). Apabila buktinya belum meyakinkan, tapi kebenarannya lebih dominan, disebut ظنّ (dhann/dugaan)/ Q.S. al-Hujurāt/49: 12. Kemudian, apabila kemungkinan benar dan salahnya seimbang disebut شك (syakk/keraguan). Sementara, apabila tidak didukung dengan bukti, atau bukti tersebut lemah, sehingga kemungkinan untuk salahnya lebih besar disebut وهم (wahm).

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai “Sebutkan tingkatan berpikir, sehingga seseorang itu sudah sampai taraf علم/ ’ilm, ظنّ (dhann/dugaan), dan شك (syakk/keraguan)?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url