Gambarlah Kurva Permintaan Dan Penawaran Yang Sesuai Dengan Struktur Pasar!

Gambarlah kurva permintaan dan penawaran yang sesuai dengan struktur pasar! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 6 Halaman 183-184 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
Gambarlah kurva permintaan dan penawaran yang sesuai dengan struktur pasar!

Jawaban Dan Pembahasan :
Kurva Permintaan dan Penawaran Pada Pasar Persaingan Sempurna
Sebagai contoh, Pada gambar diatas kita bisa melihat bahwa harga (Po) yang ditentukan oleh pasar atau industry barley (sejenis padi-padian, biasanya sebagai bahan sereal) di USA menjadi harga bagi seluruh produsen barley yang ada di USA. Seandainya seorang produsen berkeinginan untuk menjual produknya diatas harga pasar, maka produknya tersebut tidak akan laku, dan dia terpaksa menurunkan harga barangnya hingga mencapai harga pasar. Sebaliknya apabila seorang produsen menjual produknya dibawah harga pasar, maka seluruh konsumen akan membeli produk dari produsen tersebut. Hal ini mengakibatkan meningkatnya biaya produksi secara signifikan karena dia harus menambah kapasitas produksi secara berlipat dengan cara menambah barang-barang modal yakni seperti mesin-mesin. Dengan demikian, dia harus menaikkan kembali harga jual barangnya hingga harga pasar.

Kurva Permintaan dan Penawaran Pada Pasar Persaingan Tidak Sempurna
A. Pasar Monopoli
Permintaan yang dihadapi oleh perusahaan monopoli memiliki sifat menurun dari kiri atas ke kanan bawah namun lebih curam atau memiliki sifat inelastis. Karena ciri-ciri tersebut, seorang produsen di dalam pasar monopoli mempunyai kekuasaan penuh pada pasar tersebut (complete market power). Salah satu alasan terjadinya monopoli yaitu karena biaya yang luar biasa sangat besar diperlukan untuk memulai suatu usaha.


B. Pasar Oligopoli
Bentuk kurva permintaan yang dihadapi oleh pasar oligopolis berbentuk kurva permintaan terpatah. Kondisi kurva permintaan yang demikian tersebut disebabkan karena adanya “perang harga” antara perusahaan oligopolis. Kurva tersebut menunjukkan ketegaran harga apabila satu perusahaan menurunkan harga maka perusahaan lain di pasar tersebut juga akan ikut menurunkan harga, namun apabila perusahaan menaikkan harga, maka perusahaan lain tidak akan ikut menaikkan harga.

C. Pasar monopolistik
Kurva permintaan yang dipunyai oleh produsen pada pasar monopolistik tersebut menurun dari kiri atas ke kanan bawah dan memiliki sifat elastis, hal ini dikarenakan produsen bisa menentukan harga pasar.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Gambarlah kurva permintaan dan penawaran yang sesuai dengan struktur pasar!”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url