Berikan Pendapatmu Mengenai Solusi Dari Bencana Yang Terkait Dengan Air! Buatlah Peta Sebaran Sumber Daya Air Di Daerah Kalian! (Kalian Dapat Menggunakan Data Peta Daring.

Berikan pendapatmu mengenai solusi dari bencana yang terkait dengan air! Buatlah peta sebaran sumber daya air di daerah kalian! (kalian dapat menggunakan data peta daring. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 13 Halaman 296 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
4. Berikan pendapatmu mengenai solusi dari bencana yang terkait dengan air!
5. Buatlah peta sebaran sumber daya air di daerah kalian! (kalian dapat menggunakan data peta daring.
Jawaban Dan Pembahasan :
4. Contoh bencana yang terkait dengan air : kekeringan
Solusi dari bencana yang terkait dengan air (dalam hal ini bencana kekeringan), antara lain adalah sebagai berikut :
a) Menggunakan air dengan sewajarnya
Salah satu solusi yang bisa kita lakukan dan dimulai dari diri sendiri yaitu melakukan penghematan penggunaan air. Air yang merupakan sumber daya alam harus kita hemat dan juga digunakan dengan sewajarnya saja atau tidak berlebihan.
b) Membuat bendungan
Solusi selanjutnya untuk menanggulangi kekeringan yaitu dengan membuat bendungan. Bendungan adalah salah satu cara untuk membuat air sungai tersimpan atau terbendung sehingga suatu saat air tersebut bisa digunakan ketika masyarakat kekurangan air. Bendungan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah.
c) Melakukan penanaman banyak pepohonan
Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa salah satu fungsi dari pohon adalah untuk menyerap dan kemudian menyimpan air di dalam akarnya. Suatu saat air yang tersimpan di bawah akar pohon dan disebut dengan air tanah ini akan bisa dimanfaatkan di kemudian hari ketika musim kemarau datang. Daratan yang memiliki banyak pepohonan akan lebih banyak memiliki air daripada daerah yang kurang pepohonan.

5. Membuat peta sebaran sumber daya air yang ada di daerah kalian sesuai dengan instruksi yang ada di soal nomor 5 di atas (Jawaban soal nomor 5 sesuai dengan sebaran sumber daya air di daerah kalian masing-masing).

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Berikan pendapatmu mengenai solusi dari bencana yang terkait dengan air! Buatlah peta sebaran sumber daya air di daerah kalian! (kalian dapat menggunakan data peta daring.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url