Temukan Satu Contoh Dapat Berupa Kasus Atau Pertanyaan Dari Ketiga Perspektif Geografi Serta Kajian Dari Ilmu Pendukung Geografi. Tuliskan Tentang Perbedaan Cara Pandang Geografi Dengan Ilmu Lainnya. Kalian Dapat Memilih Perbedaannya Dengan Ilmu Pendukung Geografi Seperti Yang Telah Dijelaskan Di Atas, Misalnya: Hidrologi, Biologi, Oseanografi, Geologi Dan Lain-Lain.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 1 Halaman 227-228 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
  1. Temukan satu contoh dapat berupa kasus atau pertanyaan dari ketiga perspektif geografi serta kajian dari ilmu pendukung geografi.
  2. Tuliskan tentang perbedaan cara pandang geografi dengan ilmu lainnya.
  3. Kalian dapat memilih perbedaannya dengan ilmu pendukung geografi seperti yang telah dijelaskan di atas, misalnya: hidrologi, biologi, oseanografi, geologi dan lain-lain.
Jawaban Dan Pembahasan :
1. Perspektif geografi terdiri dari tiga, antara lain yakni pendekatan kelingkungan, pendekatan keruangan, dan juga pendekatan kompleks wilayah. Geografi mempunyai ilmu bantu yang banyak, ilmu bantu geografi tersebut diantaranya yaitu geomorfologi, geologi, zoografi dan lain-lain.
Contoh permasalahan antara lain adalah sebagai berikut :
  • Persebaaran hewan yang dikaji dengan menggunakan ilmu zoografi.
  • Banjir yang terjadi di wilayah hulu, yang disebabkan karena terjadi perubahan lahan pada kawasan hilir sungai.

2. Geografi selalu melihat suatu kejadian/fenomena geosfer dengan tiga sudut pandang, antara lain yakni dengan sudut pandang kelingkungan, keruangan, dan juga konsep wilayah.
  • Pendekatan kelingkungan/ekologi merupakan cara penyelidikan suatu fenomena geosfer yang berada di suatu wilayah atau tempat tertentu dengan menerapkan konsep ekosistem.
  • Pendekatan analisis keruangan/spatial approach merupakan analisis/cara pandang yang menekankan ruang sebagai kajiannya. Ruang dalam perspektif geografi bisa dilihat dari pola (spatial pattern), struktur (spatial structure), dan juga proses (spatial process).
  • Pendekatan analisis kompleks wilayah. Perpaduan antara pendekatan keruangan dan juga pendekatan kelingkungan disebut dengan pendekatan kompleks wilayah.
3. - Hidrologi mempelajari tentang peraian darat.
    - Biologi mempelajari tentang mahluk hidup.
    - Oceanografi mempelajari tentang perairan laut.
    - Geologi mempelajari tentang batuan.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Temukan satu contoh dapat berupa kasus atau pertanyaan dari ketiga perspektif geografi serta kajian dari ilmu pendukung geografi. Tuliskan tentang perbedaan cara pandang geografi dengan ilmu lainnya. Kalian dapat memilih perbedaannya dengan ilmu pendukung geografi seperti yang telah dijelaskan di atas, misalnya: hidrologi, biologi, oseanografi, geologi dan lain-lain.”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url