Simak! 5 PTN Dengan Biaya Kuliah Termurah Sebagai Referensi Untuk Daftar SNBP SNBT 2023

Simak! 5 PTN dengan biaya kuliah termurah sebagai referensi untuk daftar SNBP SNBT 2023 - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan informasi terkait dengan 5 PTN dengan biaya kuliah termurah sebagai referensi untuk daftar SNBP SNBT 2023.
Biaya kuliah yang diterapkan perguruan tinggi dapat menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi calon mahasiswa baru dalam menentukan pilihan universitas mana yang akan mereka pilih nantinya. Di PTN, biaya kuliah tersebut biasa disebut dengan istilah Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan setiap semester.

Berikut di bawah ini adalah 5 PTN dengan biaya kuliah termurah sebagai referensi untuk daftar SNBP SNBT 2023 :
1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) termasuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang mempunyai biaya kuliah termurah di Indonesia. Mahasiswa S1 yang diterima di Universitas Negeri Yogyakarta melalui jalur Seleksi Mandiri (SM) S1 UNY dikenakan minimal UKT III dan juga UPPA (Uang Pangkal Pengembangan Akademik). Hampir dari seluruh jurusan yang berasal dari 7 fakultas, biaya pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta paling murah dikenakan pada UKT I yakni sebesar Rp 500.000. Sementara itu, biaya paling tinggi dikenakan pada UKT VII yaitu pada jurusan di fakultas teknik yang biayanya mencapai Rp 6,3 juta.

2. Universitas Sebelas Maret (UNS)
UKT di Universitas Sebelas Maret (UNS) pada masing-masing program studi dibagi menjadi 8 kelas/kelompok. Untuk kelompok I dan II, biaya UKTnya yaitu Rp 475.000 dan Rp 975.500. Di luar itu, kelompok III sampai dengan kelompook VI rentang biaya UKTnya berkisar diantara Rp 400.000 sampai Rp 1 juta. Kenaikan nominal dari kelompok VII ke kelompok VIII lebih besar, yakni berada pada kisaran Rp 100.000 hingga Rp 4 juta. Selain itu, Karena lokasi kampus UNS ini berada di Kota Surakarta, biaya hidupnya juga tegolong murah.

3. Universitas Brawijaya (UB)
Khusus untuk kampus yang terletak di Kota Malang ini, UKT yang dibayar oleh mahasiswa berdasarkan pada Peraturan Rektor UB No 41 Tahun 2020 Tentang Biaya Pendidikan terbagi menjadi 6 kelompok. UKT I menjadi yang terendah yakni sebesar Rp 500.000, sementara itu untuk UKT VI ada pada jurusan Kedokteran Gigi yang menjadi UKT tertinggi dengan biaya sebesar Rp 21 juta.

4. Universitas Indonesia (UI)
Biaya kuliah di UI pada tahun 2022 program S1 Reguler dibagi menjadi Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan dan BOP-Pilihan. BOP-Berkeadilan merupakan mekanisme penetapan biaya pendidikan mahasiswa Reguler berdasarkan pada kemampuan bayar penanggungnya. Sementara itu, BOP-Pilihan merupakan mekanisme pembebanan biaya pendidikan yang ditentukan sendiri oleh penanggungnya, dengan dasar keinginan berpartisipasi di dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan berkualitas di Universitas Indonesia (UI). Biaya kuliah di UI yang dikenal terjangkau tersebut terdapat pada BOP-Berkeadilan dengan biaya terendah yakni sebesar Rp 500.000 dan tertinggi yaitu sebesar Rp 7,5 juta.

5. Universitas Diponegoro (Undip)
Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yang diterima pada tahun 2022, dikenai UKT tanpa Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) adalah mereka yang diterima melalui program S1 dan D4 lewat jalur SNMPTN 2022, SBMPTN, dan juga Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi Sekolah Vokasi. Untuk UKT golongan 1 terendah yakni sebesar Rp 500.000, sedangkan untuk yang tertinggi yaitu sebesar Rp 22 juta.

Itu dia tadi informasi terkait dengan 5 PTN dengan biaya kuliah termurah sebagai referensi untuk daftar SNBP SNBT 2023. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url