Contoh Soal TPS UTBK 2023 Penalaran Umum Lengkap Beserta Jawabannya

Contoh soal TPS UTBK 2023 Penalaran Umum lengkap beserta jawabannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Contoh soal TPS UTBK 2023 Penalaran Umum lengkap beserta jawabannya.

Berikut di bawah ini adalah Contoh soal TPS UTBK 2023 Penalaran Umum lengkap beserta jawabannya :

Teks berikut untuk nomor 15, 16 dan 17!
Rumput lebih hijau di dunia virtual. Itulah yang diinginkan oleh para petani di wilayah Moskow, Rusia, ketika mereka memasangkan headset realitas virtual pada kepala sapi perah mereka untuk menguji produksi susu. "Para ahli mencatat berkurangnya kecemasan dan peningkatan suasana hati emosional secara keseluruhan dalam kelompok (sapi) selama percobaan VR (virtual-reality)," kata pihak administrasi pertanian regional.
Fase kedua percobaan, kata administrasi itu, akan mengevaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR. Para petani bekerja sama dengan pengembang dan dokter hewan, dan mengandalkan penelitian visi ternak, untuk membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan bidang musim panas. Pihak administrasi telah menerbitkan sebuah foto yang menampilkan seekor sapi Holstein Friesian mengenakan headset hitam pada hari yang mendung. Dengan alat itu si sapi akan tetap memandang padang rumput yang hijau meski cuaca mendung.
Mengutip laporan Interfax, Selasa (26/11/2019), percobaan itu dilakukan di sebuah peternakan di Krasnogorsk di barat laut Moskow. Administrasi pertanian wilayah Moskow mengutip penelitian Belanda dan Skotlandia yang menunjukkan bahwa suasana yang tenang dapat meningkatkan produksi susu sapi."(Bahkan) pabrikan lokal memainkan musik klasik yang menenangkannya, memiliki efek positif pada aliran susu," kata administrasi pertanian tersebut. Masih menurut pihak administrasi, pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif.

15. Topik: Kesesuaian Pernyataan
Berdasarkan teks tersebut, pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar adalah …
A. Pada sebuah peternakan di laut Moskow dilakukan percobaan terhadap sapi yang kepalanya dipasangkan headset realitas virtual.
B. Musik klasik yang menenangkan menurut penelitian berbanding terbalik dengan produksi susu.
C. Pihak administrasi berencana untuk memperluas percobaan jika pemerintah setempat mendukung jalannya percobaan.
D. Para petani menginginkan rumput hijau di dunia virtual dapat direalisasikan lewat perobaan terhadap beberapa spesies hewan.
E. Menurut para ahli terjadi pengurangan kecemasan yang berbanding lurus dengan suasana emosional dalam kelompok sapi percobaan.
Jawaban: A
Pembahasan:
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf ketiga terdapat pada pilihan jawaban A. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat pertama.
  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi paragraf ketiga. Pernyataan yang tepat adalah memainkan musik klasik yang menenangkan memiliki efek positif pada aliran susu.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi paragraf ketiga. Pernyataan yang tepat adalah pihak administrasi dan pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif.
  • Jawaban D tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang tepat adalah rumput hijau di dunia virtual dapat direalisasikan lewat percobaan terhadap sapi.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi paragraf pertama. Pernyataan yang tepat adalah menurut para ahli terjadi pengurangan kecemasan dan peningkatan suasana hati emosional secara keseluruhan dalam kelompok (sapi) selama percobaan VR (virtual-reality).
16. Topik: Kesesuaian Pernyataan
Berdasarkan paragraf kedua, pernyataan yang benar adalah …
A. Evaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR akan dilakukan pada fase ketiga percobaan.
B. Dokter hewan dan pengembang bekerjasama dengan petani untuk membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan berbagai musim..
C. Sebuah foto yang diterbitkan pihak pengembang yang menampilkan sapi Holstein Friesian mengenakan headset.
D. Ditampilkan seekor sapi mengenakan headset hitam pada hari yang mendung dalam sebuah foto dari pihak administrasi.
E. Dengan headset VR sapi akan memandang padang rumput dengan berbagai keadaan cuaca.
Jawaban: D
Pembahasan:
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua terdapat pada pilihan jawaban D. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi kalimat ketiga.
  • Jawaban A tidak sesuai dengan isi kalimat pertama. Pernyataan yang tepat adalah evaluasi produksi susu sapi yang memakai headset VR akan dilakukan pada fase kedua percobaan.
  • Jawaban B tidak sesuai dengan isi kalimat kedua. Pernyataan yang tepat adalah membuat perangkat lunak unik yang mensimulasikan bidang musim panas.
  • Jawaban C tidak sesuai dengan isi kalimat ketiga. Pernyataan yang tepat adalah sebuah foto yang diterbitkan oleh pihak administrasi.
  • Jawaban E tidak sesuai dengan isi kalimat keempat. Pernyataan yang tepat adalah dengan alat itu sapi akan tetap memandang padang rumput yang hijau meski cuaca mendung.
Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

17. Topik: Simpulan Logis
Berdasarkan paragraf ketiga apabila pengamatan menunjukan hasil negatif, simpulan yang PALING MUNGKIN benar adalah ….
A. Pihak pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR
B. Pengembang dan pihak administrasi akan memperluas percobaan headset VR
C. Peneliti akan mencoba spesies lain untuk dijadikan percobaan headset VR
D. Pihak pengembang tidak akan memperluas percobaan headset VR
E. Pihak admintastrasi dan pihak pengembang tidak akan memperluas percobaan headset VR
Jawaban: D
Pembahasan: 
Berdasarkan paragraf ketiga, menurut pihak administrasi, pengembang berencana untuk memperluas percobaan headset VR, jika pengamatan terus menunjukkan hasil positif. Dengan demikian, apabila pengamatan menunjukan hasil negatif, pengembang tidak akan memperluas percobaan headset VR. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Teks berikut digunakan untuk soal nomor 18!
18. Topik: Simpulan Logis
Randy membeli dua jenis sepeda yaitu sepeda A dan sepeda B. Sepeda A memiliki rangka yang lebih kuat daripada sepeda B. Sepeda A produksi Jerman lebih mahal daripada sepeda B produksi China. proses pembuatan sepeda B lebih cepat dibandingkan sepeda A. Kesimpulan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah …
A. Sepeda A buatan China lebih murah dibandingkan sepeda B buatan Jerman.
B. Sepeda B buatan Jerman memiliki rangka lebih kuat dibandingkan sepeda A.
C. Produksi sepeda A lebih cepat dibandingkan produksi sepeda B.
D. Produksi sepeda B buatan Jerman lebih cepat dibandingkan sepeda A buatan China.
E. Sepeda B produksi China lebih murah dari sepeda A produksi Jerman.
Jawaban: E
Pembahasan: 
Berdasarkan teks tersebut, dapat diketahui bahwa sepeda B produksi China lebih murah dari sepeda A produksi Jerman. Sepeda A memiliki rangka yang lebih kuat daripada sepeda B. Sepeda A memiliki rangka yang lebih kuat daripada sepeda B. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Teks berikut digunakan untuk soal nomor 19 dan 20!
Rania dan teman-temannya mengunjungi toko buku untuk membeli buku paket pelajaran. Rania membeli buku paket Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris. Putri membeli buku Kimia, Biologi, Sejarah, dan Matematika. Siti membeli buku yang sama dengan Rania dan Anna membeli buku yang sama dengan Putri kecuali Matematika.

19. Topik: Penalaran analitik
Buku paket mata pelajaran apa yang dibeli oleh Rania dan Anna secara bersamaan …
A. Kimia, Biologi, dan Matematika
B. Kimia, Biologi, dan Sejarah
C. Biologi dan B. Indonesia
D. B. Indonesia dan Kimia
E. Kimia dan Biologi
Jawaban: E
Pembahasan:
Berikut merupakan buku paket yang dibeli oleh Rania dan teman-temannya.
Rania: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.
Putri: Kimia, Biologi, Sejarah, dan Matematika.
Siti: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.
Anna: Kimia, Biologi, dan Sejarah.
Oleh karena itu, buku Kimia dan Biologi merupakan buku yang dibeli oleh Rania dan Anna secara bersamaan. Sehingga, jawaban yang tepat adalah E.

20. Topik: Penalaran analitik
Di antara Rania dan teman-temannya siapa sajakah yang memiliki buku paket Matematika ….
A. Putri dan Anna
B. Anna dan Rania
C. Rania dan Siti
D. Putri
E. Anna
Jawaban: D
Pembahasan:
Berikut merupakan buku paket yang dibeli oleh Rania dan teman-temannya.
Rania: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.
Putri: Kimia, Biologi, Sejarah, dan Matematika.
Siti: Biologi, Fisika, Kimia, B.Indonesia, dan B. Inggris.
Anna: Kimia, Biologi, dan Sejarah.
Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa yang membeli buku paket matematika hanya Putri. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.


Itu dia tadi Contoh soal TPS UTBK 2023 Penalaran Umum lengkap beserta jawabannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url