Mengapa Para Wali Songo Dalam Berdakwah Menggunakan Pendekatan Tadrij Dan ‘Adamul Haraj? Jelaskan!

Mengapa para Wali Songo dalam berdakwah menggunakan pendekatan tadrij dan ‘adamul haraj? Jelaskan! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Mengapa para Wali Songo dalam berdakwah menggunakan pendekatan tadrij dan ‘adamul haraj? Jelaskan!

Jawaban :
Para Wali Songo dalam berdakwah menggunakan pendekatan tadrij dan ‘adamul haraj, hal ini karena dengan metode tadrij (bertahap) dan ‘adamul haraj (tidak menyakiti) tersebut :
  • Tidak ada ajaran yang diberlakukan secara mendadak, segala sesuatunya melewati atau melalui proses penyesuaian, dan bahkan sering bertentangan dengan Islam, maka secara bertahap, hal tersebut diluruskan oleh para wali dengan menggunakan metode dakwah yang penuh kelembutan dan juga kedamaian.
  • Para wali tidak menyebarkan ajaran agama Islam dengan mengusik tradisi asli masyarakat Nusantara, bahkan tidak mengusik kepercayaan dan agama mereka, tetapi memperkuatnya dengan cara-cara yang islami.

Pembahasan :
Wali Songo adalah sekumpulan tokoh penyebar agama Islam pada perempat akhir abad ke-15 hingga paruh kedua abad ke-16, yang merupakan tonggak terpenting di dalam sejarah penyebaran agama Islam di Jawa dan Nusantara. Dalam mengembangkan ajaran Islam di Jawa dan Nusantara, para wali songo tersebut memulai dengan beberapa langkah strategis yakni (1) Tadrij (bertahap) dan (2) ‘Adamul Haraj (tidak menyakiti).

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai Mengapa para Wali Songo dalam berdakwah menggunakan pendekatan tadrij dan ‘adamul haraj? Jelaskan!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url