Carilah Satu LKM Berbasis Konvensional Dan Syariah. Analisis Produk Yang Ditawarkan Dari Keduanya.

Carilah satu LKM berbasis konvensional dan syariah. Analisis produk yang ditawarkan dari keduanya. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Soal :
1. Carilah satu LKM berbasis konvensional dan syariah.
2. Analisis produk yang ditawarkan dari keduanya.

Jawaban :
1. LKM berbasis konvensional dan syariah
  • Contoh LKM berbasis konvensional yaitu Bank Desa, Bank Kredit Desa, Bank Perkreditan Rakyat, dll.
  • Contoh LKM yang berbasis syariah yakni Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Bank Wakaf Mikro (BWM), dll.
2. Produk yang ditawarkan dari Bank Perkreditan Rakyat (LKM Konvensional) dan Baitul Maal wa Tamwil (LKM Berbasis Syariah) anatara lain adalah sebagai berikut :
  - Bank Perkreditan Rakyat (LKM Konvensional)
  • Menyediakan pembiayaan bagi nasabahnya berdasarkan prinsip bagi hasil yang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan di dalam Peraturan Pemerintah.
  • Menghimpun dana dari masyarakat, dalam bentuk simpanan yang berupa deposito berjangka, tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.
  • Memberikan kredit.
  • Menempatkan dananya dalam bentuk SBI (Sertifikat Bank Indonesia), sertifikat deposito, deposito berjangka, dan/atau tabungan pada bank lain. SBI (Sertifikat Bank Indonesia) merupakan sertifikat yang ditawarkan Bank Indonesia (BI) kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) apabila BPR mengalami kelebihan likuiditas atau over liquidity.
  - Baitul Maal wa Tamwil (LKM Berbasis Syariah)
Baitul Maal wa Tamwil (BMT) memiliki produk - produk yang dapat ditawarkan. Produk tersebut adalah produk pendanaan yang berupa simpanan dan juga produk penyaluran dana yang berupa pembiayaan. Gagasan adanya lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip syari’at islam ini sangat berkaitan erat dengan gagasan terbentuknya sistem Ekonomi Islam, sehingga sistem operasionalnya berdasarkan atau mengacu pada prinsip - prinsip Islam. Baca juga Analisislah manfaat LKM konvensional dan syariah yang telah kalian tentukan untuk masyarakat umum.

Pembahasan :
LKM (Lembaga Keuangan Mikro) merupakan lembaga keuangan yang didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan juga pemberdayaan masyarakat. Dalam memberikan jasa, Lembaga Keuangan Mikro (LKM) tidak berorientasi pada profit karena memberikan pembiayaan atau pinjaman dengan fokus utama yakni memberdayakan UMKM atau masyarakat yang berpenghasilan rendah. LKM (Lembaga Keuangan Mikro) ini beroperasi secara konvensional maupun syariah. Contoh LKM berbasis konvensional yaitu Bank Desa, Bank Kredit Desa, Bank Perkreditan Rakyat, dll. Sedangkan contoh LKM yang berbasis syariah yakni Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Bank Wakaf Mikro (BWM), dll. Baca juga Bandingkan antara LKM dan koperasi simpan pinjam. Manakah menurut kalian yang lebih menguntungkan?

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Carilah satu LKM berbasis konvensional dan syariah, Analisis produk yang ditawarkan dari keduanya, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url