Salah Satu Sifat Tercela Yang Termasuk Dosa Besar Adalah Takabur. Oleh Karenanya Setiap Umat Islam Harus Berusaha Sekuat Tenaga Untuk Menghindari Sifat Tersebut. Sebutkan Ciri-Ciri Orang Yang Bersifat Takabur!

Salah satu sifat tercela yang termasuk dosa besar adalah takabur. Oleh karenanya setiap umat Islam harus berusaha sekuat tenaga untuk menghindari sifat tersebut. Sebutkan ciri-ciri orang yang bersifat takabur! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PAI ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Salah satu sifat tercela yang termasuk dosa besar adalah takabur. Oleh karenanya setiap umat Islam harus berusaha sekuat tenaga untuk menghindari sifat tersebut. Sebutkan ciri-ciri orang yang bersifat takabur!

Jawaban :
Ciri-ciri orang yang bersifat takabur antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Selalu merendahkan dan meremahkan orang lain.
  2. Merasa lebih kuat dan lebih hebat dari pada orang lain.
  3. Tidak mau menerima saran serta pendapat dari orang lain
  4. Tidak mau mengakui keberhasilan dan kehebatan orang lain. Baca juga Ditinjau dari bentuknya, riya’ dibagi menjadi dua, yaitu riya’ dalam niat dan riya’ dalam perbuatan. Sebutkan sebuah contoh riya’ dalam niat!
Pembahasan :
Takabur merupakan sikap seseorang yang menunjukkan sifat sombong atau merasa lebih kuat dan lebih hebat dari pada orang lain. Orang takabur selalu merendahkan dan meremehkan orang lain, tidak mau mengakui keberhasilan dan kehebatan orang lain, serta menolak kebenaran. Pendapat dari orang lain dianggap tidak ada gunanya, dan tidak mau menerima saran dari orang lain. Sifat takabur termasuk penyakit hati yang sangat dibenci oleh Allah SWT., hal ini karena sifat takabur membuat seseorang ingin terus menerus menunjukkan keberhasilan dan kehebatan dirinya di hadapan orang lain. Baca juga Sifat riya’ dan sum’ah bisa muncul pada diri seseorang pada saat melakukan ibadah ataupun setelah melakukannya. Rasulullah Saw. menegaskan bahwa riya’ termasuk syirik khafi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan syirik khafi!

Itu dia tadi pembahasan soal Pendidikan Agama Islam mengenai ciri-ciri orang yang bersifat takabur, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close