Melalui website ini pendidikan Indonesia akan lebih baik dan maju dalam era teknologi

Jumat, 08 September 2017

CONTOH PERIBAHASA DAN ILUSTRASINYA LENGKAP

"

Contoh Peribahasa Beserta Ilustrasinya - Peribahasa adalah  kelompok kata atau kalimat yg tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dl peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan), atau  ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku:

Untuk menentukan pribahasa yang sesuai dengan ilustrasi biasa menggunakan beberapa macam cara, yaitu :
1.     Tentukan pribahasa yang mempunyai makna tidak jauh dari sebuah ilustrasi tersebut
2.     Lihat persamaan makna yang terkandung dalam pribahasa dan ilustrasi
3.     Tidak melenceng jauh dari yang dimaksud 

CONTOH PERIBAHASA DAN ILUSTRASINYA LENGKAP

Contoh Pribahasa dan Ilustrasinya Lengkap

1.  Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.
Sebentar lagi ujian nasional akan dilangsungkan. Salman sangat giat dalam belajar. Sepulang sekolah, Salman selalu mengerjakan latihan soal. Tidak lupa mengulang lagi materi yang dikerjakan di sekolah. Setiap sore hari dan malam hari, Salman belajar dengan dibimbing oleh kakaknya. Salman juga tidak lupa untuk berdoa dan beribadah kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar ia lulus UN dan masuk SMP negeri favorit. Akhirnya semua usahanya tidak sia-sia. Dia lulus dengan hasil terbaik dan masuk SMP favorit. 
2. Gara-gara nila setitik, rusak susu sebelanga. Atau Seekor kerbau berkubang, semua kena lumpurnya.
Ketika Pak Guru masuk kelas, beliau langsung marah karena melihat salah satu meja di kelas penuh dengan coretan. Yang membuat coretan itu adalah si Ucok, tetapi seluruh siswa dimarahi.
3. Seperti ilmu padi semakin berisi semakin merunduk
Ilham adalah seorang anak yang pandai. Peringkat satu selalu ia dapatkan. Berbagai lomba sering ia ikuti dan ia juara. Meskipun pandai dan dilahirkan dari keluarga kaya, tetapi Ilham tidak sombong.
4. Besar pasak daripada tiang.
Bonar duduk di kelas 6. Ia selalu ingin membelu aneka mainan di sekolahnya. Karena uangnya tidak cukup, ia sering meminjam uang kepada temannya. Setiap hari ia diberi uang Rp4.000,00 oleh ibunya sedangkan harga mainan yang ia beli adalah Rp8.000,00.
5. Sambil menyelam minum air. Atau Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.
Ratih setiap pergi ke sekolah selalu membawa makanan kecil buatan ibunya untuk dijual lagi. Selain ia jual sendiri, ia juga menitipkan dagangannya ke kantin sekolah. Jadi, selain mendapat ilmu ia juga mendapat uang sendiri.
Nah demikian informasi artikel tentang Contoh Peribahasa Lengkap dengan Ilustrasinya. Semoga bermanfaat dan ilmunya jangan lupa dibagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH PERIBAHASA DAN ILUSTRASINYA LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar