CARA MENGATASI NASI YANG CEPAT BAU DI MAGIC JAR

Kena Sante, Nasi Cepat Bau - Demikian judul yang diberikan oleh "Istamar Syamsuri" Beliau membagikan artikel ini di dalam akun facebooknya. Apakah benar nasi yang bau itu karena ulah hal-hal mistis yang ada di sekitar kita..??? Berikut penjelasan nya...

Pengguna magic jar pasti pernah mengalami, masak nasi pagi, sore sudah rusak, masak nasi sore, pagi sudah bau tidak bisa dimakan. Pembantu saya menganalisisnya, katanya karena kena santet.
CARA MENGATASI NASI YANG CEPAT BAU DI MAGIC JAR

Nasi rusak atau bau itu disebabkan karena ulah bakteri. Kok bisa? Padahal suhu magic jar tinggi dan tidak memungkinkan bakteri hidup? Iya betul, Bakteri umumnya mati di lingkungan bersuhu tinggi seperti magic jar. Namun ada jenis bakteri tertentu, disebut bakteri Thermophyl (termofil) yang hidupnya justru di tempat panas. Bakteri ini tahan hidup pada suhu 60 - 80C, dimana bakteri yang lain mati. Bakteri ini suka mengoksidasi sulfur yang menyebabkan nasi berbau busuk.

Bagaimana bakteri bisa masuk ke magic jar? Bakteri terdapat di mana-mana. Ketika kita membuka menutup magic jar, bakteri yang ada di udara masuk. Bisa juga masuk melalui entong, alat penyiduk nasi. Atau cara lainnya.

Supaya bakteri tersebut tidak dapat hidup, pada waktu akan memasak nasi dan menghidupkan magic jar, coba masukkan air perasan jeruk nipis. Air jeruk berfungsi memberi suasana asam pada nasi sehingga bakteri tidak dapat hidup. Jika nasinya banyak, diperlukan satu jeruk nipis yang diperas dan airnya dicampur ke air nasi untuk memasak. Nasi tidak akan terasa asam.

Jika magic jar sudah terkena bakteri sehingga selalu merusak nasi, maka langkah berikut ini akan menghindarinya:
  1. Lepas atau ambil bagian penampung nasi atau wadah nasi. Bagian ini terbuat dari alumunium. Panaskan di atas kompor selama 10 hingga 15 menit. Maksudnya supaya semua bakteri terbunuh. Biarkankan dingin dan bagian dalam ini jangan diraba-raba biar tidak terkontaminasi (tidak terkena bakteri lagi).
  2. Bersihkan bagian pemanas nasi (bagian luar magic jar) dengan kapas yang dicelup dengan alkohol 70%. Ini untuk sterilisasi. Awas, matikan dulu sambungan listriknya.
  3. Demikian juga entong yang telah dicuci harus dibersihkan dengan kapas yang dicelup alkohol 70%. Tangan Anda juga.
  4. Semua peralatan yang berkaitan dengan magic jar (misal kain lap, tempat entong) harus dibersihkan dan disterilkan dengan alkohol 70%. Jangan menggunakan entong yang belum dibersihkan.
Langkah 1 sd 4 tersebut akan menghindari dan bahkan tidak memungkinkan bakteri termofilik hidup.

Ada kemungkinan Anda belum berhasil. Jika belum, lakukan dengan cermat dan bayangkan di sekitar Anda banyak bakteri. Kemudian lakukan agar langkah-langkah di atas agar benar-benar steril. Jika belum berhasil lagi, berarti bakteri masih ada dan lakukan lagi dan bayangkan Anda melakukannya dengan benar dan steril. Pasti berhasil.

Bagi Anda yang tidak mengalami atau belum mengalami, ada baiknya Anda melakukan pencegahan yaitu memasukkan air jeruk nipis ke dalam air sebelum dipanaskan dengan magic jar.
CARA MENGATASI NASI YANG CEPAT BAU DI MAGIC JAR

Jadi, nasi rusak/bau di magic jar bukan karena guna-guna atau santet, melainkan karena bakteri termofilik

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan yang bersumber dari akun facebook, tentang Bagaimana Cara Mengatasi Nasi Cepat Bau di Magic Jar. Semoga dengan artikel ini bapak dan ibu atau saudara-saudari yang saat ini sedang membaca bisa segera mencoba dan mendapatkan hasil dari penjelasan artikel ini. Jangan lupa untuk share artikel bermanfaat ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url