APA PENGERTIAN SENTRALISASI DESENTRALISASI DAN DEKONSENTRASI

Pengertian Sentralisasi, Desentralisasi, dan Dekonsentrasi - Dalam artikel termuat penjelasan bagaimana cara suatu negara dalam berkoordinasi dari pusat sampai ke daerah. Yang bertujuan untuk mewujudkan suatu negara yang dapat dikontrol dari pusat sampai daerah sehingga terciptalah negara yang damai dan merata dalam segi pembangunan sumber daya alam maupun manusianya.

Menyinggung hal tersebut artikel tentang pengertian sentralisasi, desentralisasi dan dekonsentralisasi akan menjelaskan bagaimana cara dan fungsi dari masing pengertian sistem tersebut. Silahkan kalian simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.
APA PENGERTIAN SENTRALISASI DESENTRALISASI DAN DEKONSENTRASI

Pengertian Sentralisasi
Sentralisasi adalah penyerahan kekuasaan serta wewenang pemerintahan sepenuhnya kepada pemerintah pusat. Pemerintah pusat dimaksud adalah Presiden dan Dewan Kabinet. Kewenangan yang dimaksud adalah kewenangan politik dan kewenangan administrasi. Kewenangan politik adalah kewenangan membuat dan memutuskan kebijakan sedangkan kewenangan administrasi adalah kewenangan melaksanakan kebijakan. 

Kelemahan Sistem Sentralisasi 
Kebijakan dan keputusan-keputusan untuk daerah berada di pusat, sehingga butuh waktu yang lama untuk melakukan itu. Selain itu, karena semua bentuk pemerintahan berada di pusat, maka akan memberikan beban kerja yang tinggi karena pekerjaan rumah tangga yang akan semakin menumpuk. 
Contoh Sistem Sentralisasi 
  • Lembaga keamanan negara yaitu TNI, melaksanakan perlindungan terhadap Indonesia memalui tiga titik yaitu udara, darat dan laut. 
  • Bank Indonesia yang menjadi pusat pengaturan segala kebijakan moneter dan fiskal. 
Pengertian Desentralisasi
Desentralisasi adalah penyerahan wewenang dari pusat kepada daerah untuk mengatur rumah tangganya sendiri, namun tidak untuk semua hal, kemananan, hukum dan kebijakan fiskal adalah beberapa hal yang masih terpusat, namun ada pendelegasian kepada daerah. 

Menurut UU Nomor 5 Tahun 1974, desentralisasi adalah penyerahan urusan pemerintah dari pusat kepada daerah. Pelimpahan wewenang kepada Pemerintahan Daerah, semata- mata untuk mencapai suatu pemerintahan yang efisien. Pelimpahan wewenang tersebut menghasilkan otonomi. Otonomi itu sendiri adalah kebebasan masyarakat yang tinggal di daerahnya itu sendiri untuk mengatur dan mengurus kepentingannya sendiri. 

Secara sederhana, pelimpahan wewenang pusat kepada daerah menjadi apa yang disebut desentralisasi dan bentuk penerapannya adalah adanya otonomi tersebut. Segala hal yang telah pusat berikan, yaitu wewenang dan tanggung jawab yang diserahkan menjadi tanggung jawab daerah baik politik pelaksanaannya, rencana, pembiayaan, dan pelaksanaan adalah wewenang dan tanggung jawab daerah itu sendiri. 

Contoh Sistem Desentralisasi
  • Dinas Pendidikan yang mengatur bagaimana pola pendidikan. 
Pengertian Dekonsentrasi 
Dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang administrasi dari pemerintah pusat kepada pejabat di daerah. Perlu digaris bawahi, pelimpahan wewenang yang dimaksud adalah hanya sebatas wewenang administrasi, untuk wewenang politik tetap dipegang oleh pemerintah pusat. Bisa dikatakan dekonsentrasi adalah perpaduan antara sentralisasi dan desentralisasi. 

Contoh Sistem Dekonsentrasi 
  • Kantor pelayanan pajak
Demikian informasi tentang artikel saya kali ini yang berjudul Pengertian Lengkap Sentralisasi, Desentralisasi dan Dekonsentralisasi. Nah apa yang kalian cari sudah ketemu dan jangan lupa klik tombol share di bawah ya. Semoga artikel saya ini dapat membantu kalian dalam menjawab rasa ingin tahu kalian.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url