Mengapa Trem Dapat Menjadi Simbol Penjajahan Bagi Kaum Pergerakan Kemerdekaan Pada Masa Itu?

Mengapa trem dapat menjadi simbol penjajahan bagi kaum pergerakan kemerdekaan pada masa itu? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran sejarah, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran sejarah ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Mengapa trem dapat menjadi simbol penjajahan bagi kaum pergerakan kemerdekaan pada masa itu?

Jawaban :
Trem dapat menjadi simbol penjajahan bagi kaum pergerakan kemerdekaan pada masa itu karena didalam trem tersebut terdapat penggolongan bagian - bagian untuk orang golongan kelas eropa, kelas atas, kelas menengah, serta kelas bawah. Baca juga Jelaskan perubahan apa yang terjadi dari penggunaan trem di Surabaya pada masa itu?

Pembahasan :
Pada tahun 1869, trem digerakkan dengan menggunakan tenaga kuda, namun seiring dengan adanya perkembangan teknologi, pada tahun 1882 penggunaan trem beralih menggunakan tenaga uap, setelah itu trem terus berkembang sampai akhirnya muncullah trem yang menggandalkan tenaga listrik.

Penggunaan trem dapat diartikan sebagai simbol penjajahan, karena didalam trem terdapat pembeda antar golongan – golongan pada saat itu, pembeda antar golongan pada trem yakni seperti trem yang diperuntukan khusus untuk bangsa eropa, trem khusus untuk kaum menengah keatas, serta ada pula trem yang khusus untuk golongan menengah kebawah. Penggolongan – penggolongan kelas pada trem tersebut dianggap dan disimbolkan sebagai bentuk ketidak adilan pada saat itu. Baca juga Bagaimanakah kesinambungan trem sebagai moda transportasi pada masa dahulu hingga sekarang?

Itu dia tadi pembahasan soal sejarah mengenai mengapa trem dapat menjadi simbol penjajahan bagi kaum pergerakan kemerdekaan pada masa itu, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimaksih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url