PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT PERSUASIF

Sebutkan Contoh Kalimat Persuasif dan Jelaskan Pengertian Kalimat Persuasif - Selamat pagi sahabat seocontoh, bagaimana dengan kabar kalian, semoga selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Oke kali ini saya akan membagikan contoh kalimat persuasif untuk kalian yang ingin mengetahui secara detail apa itu kalimat persuasif. Sebelum saya memberikan contoh saya akan memberikan penjelasan tentang apa itu kalimat persuasif. Pengertian kalimat persuasif atau persuai adalah sebuah kalimat yang berisi himbauan atau ajakan secara halus agar si pembaca mau atau bersedia mengikuti kemauan yang disampaikan oleh penulis kelimat tersebut. 

Biasanya kalimat persuasif terdapat di dalam sebuah paragraf yang berisikan fakta agar lebih meyakinkan pembaca untuk mengikuti ajakan ajakan yang ada dalam paragraf tersebut. Untuk membuat sebuah paragraf persuasi tergolong susah susah gampang, disinilah skill untuk membujuk seseorang diandalkan. 
PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT PERSUASIF
Ilustrasi Tugas Kalimat Persuasif
Biasanya tema yang sering di usung dalam sebuah kalimat persuasi adalah tulisan atau ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan, atau bahasa merokok dan mengajak para generasi muda untuk menjauhi rokok. di dalam sebuah paragraf persuasi, sebuah kalimat ajakan biasanya ditandai atau di awali dengan kata mari, ayo dan kata kata yang bersifat mengajak lainnya.

Nah jika kalian ingin membuat sebuah paragraf persuasif dan masih kebingungan bagaimana cara membuatnya, berikut ini saya akan berusaha memberikan contoh contoh paragraf atau kalimat persuasif untuk memudahkan kalian membuat kalimat atau paragraf kalian sendiri.

Contoh paragraf persuasif 1
Belakangan ini banyak sekali para generasi muda yang terjerumus dan salah bergaul, hal ini bisa berdampak negatif untuk masa depan anak muda sekarang. kesalahan dalam pergaulan ini disebabkan karena kurangnya pengawasan dari orang tua dan buruknya lingkungan di sekitar anak itu tumbuh, nah kita sebagai orang tua haruslah pintar pintar untuk mengawasi perkembangan dan pergaulan anak kita tanpa membatasi kreativitas anak tersebut, Mari kita jaga tunas bangsa agar menjadi benih benih unggul di masa depan dan membantu mengharumkan nama bangsa kita kelak.

Contoh paragraf persuasif 2
Hutan adalah paru paru dunia, tidak adanya hutan itu berarti semakin menipisnya oksigen di bumi ini. sekarang ini banyak sekali telah terjadi pembalakan liar yang mengurangi populasi pohon dihutan dan mengancam menipisnya pasokan oksigen di bumi ini. kira sebagai generasi muda wajib untuk melestarikan hutan dan menanam pohon sebagai langkah awal untuk menjaga kelestarian hutan. Ambil saja langkah sederhana dengan menanam pohon disekitar pekarangan rumah akan membantu melestarikan pohon sebagai pemasok oksigen. Ayo kita bersama sama menjaga dan melestarikan hutan dengan menanam pohon di sekitar kita.

Contoh Paragraf Persuasif 3
Banjir semakin menghantui kota jakarta, semakin lama keadaan malah semakin memburuk, hal ini terjadi karena banyak sekali faktor, salah satu faktor yang paling berberan besar untuk banjir taunan yang terjadi di jakarta adalah sampah. kurangnya kesadaran masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai akan pentingnya menjaga kebersihan sungai menyebabkan penumpukan sampah di sungai tersebut. Untuk menghindari bencana banjir yang sering terjadi di kota ini, marilah kita bersama sama untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya, hal ini bukan hanya untuk kepentingan kita saja, namun untuk kepentingan anak cucu kita kelak dan menciptakan kota yang asri bebas banjir.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk kalian tentang artikel yang berjudul Pengertian dan Contoh Lengkap Kalimat Persuasif. Semoga dapat memberikan informasi yang bermnafaat dan sesuai dengan apa yang kalian cari. Ingat ini hanya contoh jangan dicopas 100% silahkan di kembangkan sesuai dengan kreatiftas dan tema kalian.
Syamsul Hadi
Syamsul Hadi Serang Pendidik, Blogger, Web Design, Developer Android

2 comments for "PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT PERSUASIF"

Post a Comment