5 CONTOH KATA PENGANTAR MAKALAH DAN LAPORAN

Contoh Kata Pengantar Yang Baik dan Benar - Ketika kita membuat sesuatu karya ilmiah atau laporan dalam kegiatan tertentu, baik itu makalah atau laporan hasil diskusi maka kita juga wajib memberikan kata pengantar yang baik dan benar sesuai dengan isi materi yang ingin kita sampaikan kepada pembaca laporan dan makalah yang telah kita buat.

Kemudian apa saja yang tertuang dalam isi kata pengantar sehingga akan memberikan kenikmatan dalam membaca...?? Berikut adalah isi pengantar makalah biasanya terdiri dari ucapan syukur kepada Sang Pencipta (Allah SWT), ucapan terimakasih kepada guru pembimbing, ataupun instansi terkait. Dalam kata pengantar boleh juga ditambahkan harapan-harapan dari penulis termasuk saran maupun kritik hingga manfaat dari makalah yang telah dibuatnya tersebut. Susunan sebuah kata pengantar makalah harus dibuat sedemikian rapi dan teratur dengan dilengkapi tata bahasa yang baik dan benar sehingga memudahkan untuk dibaca dan dimengerti akan makna yang tertuang di dalamnya. 
5 CONTOH KATA PENGANTAR MAKALAH DAN LAPORAN

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh kata pengantar dalam makalah dan laporan di bawah ini :

Contoh Kata Pengantar Makalah 1
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
  
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
  
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
  
                                                                                      Jakarta,  Maret 2015
  
                                                                                              Penyusun
Contoh Kata Pengantar Makalah 2
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

                                                                                       Jakarta, Maret 2015

                                                                                               Penyusun
Contoh Kata Pengantar Makalah 3
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul "Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik". Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1. Bapak Suryadiputro, M.Pd, selaku kepala sekolah Westbatavia, yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.

2. Bapak Bogordiharja, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.

3. Ibu Sukmawati, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, masukan, bimbingan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.


                                                                                        Jakarta, 20 Maret 2015
                                                                                             Hengki Kristianto
Contoh Kata Pengantar Laporan 1
Puji Syukur kehadirat ALLAH SWT, karena atas perkenanNYA laporan pelaksanaan Sosialisasi Pencatatan Sipil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Banten pada Kegiatan Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil Tahun Anggaran 2013 dapat diselesaikan.

Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan kegiatan serta sebagai bentuk pertanggungjawaban Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil kepada pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan, bahwa Sosialisasi Pencatatan Sipil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Banten Tahun Anggaran 2013 telah dilaksanakan.

Pelaksanaan Sosialisasi Pencatatan Sipil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Banten pada kegiatan Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil Tahun Anggaran 2013 diuraikan secara jelas pada laporan kegiatan ini, diantaranya : tujuan yang hendak dicapai, sasaran pelaksanaan kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan serta output dari pelaksanaan kegiatan.

Laporan kegiatan ini semoga dapat menjadi bahan evaluasi dan tolok ukur dalam pelaksanaan Sosialisasi Pencatatan Sipil tentang Perkawinan dan Perceraian di Provinsi Banten pada kegiatan Pembinaan dan Penataan Pencatatan Sipil Tahun Anggaran 2013 dan menjadi bahan perbaikan untuk masa yang akan datang.

                                                                                                               Serang, Juli 2015

                                                                                                               Penulis
Contoh Kata Pengantar Laporan 2
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
Tujuan penyusunan laporan ini untuk memberikan gambaran ‘ftentang kegiatan pembinaan Guru Garis Depan yang diadadakan di Hotel Grand Serpong pada tanggal 21-27 November 2015 .
 
Dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan GGD  banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, maka perkenankanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan selaku penyelenggara acara. 

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih kurang dari sempurna sehingga perlu pembenahan. Oleh karena itu segala kritik, saran dan himbauan yang konstruktif sangat penulis harapkan untuk kesempurnaan mendatang.
                                                                                                                    
                                                                                                                       Hormat kami,
                    
                                                                                                                                  Penulis

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan terkait dengan judul artikel Contoh Kata Pengantar Laporan dan Makalah Yang Baik dan Benar. Semoga dengan saya membagikan contoh kata pengantar ini akan membuat kalian mempunyai inspirasi lebih dalam mengerjakan makalah, laporan atau karya ilmiah lainnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url