CONTOH SISTEMATIKA PENULISAN KARYA ILMIAH

Bagaimana Sistematika Karya Tulis Ilmiah - Selamat pagi sahabat seocontoh.com kali ini  saya berkesempatan membagikan informasi bagaimana sistematika karya ilmiah. Ada beberapa yang perlu kalian ketahui sehingga diperhatikan, tentang tata cara membuat karya tulis ilmiah. Menulis karya tulis ilmiah yang bersumber penelitian adalah menulis laporan penelitian dan artikel untuk jurnal ilmiah. 

Oleh sebab itu, format penulisannya menyesuaikan dengan format penelitian. Format penelitian sangat tergantung dengan metode penelitian yang digunakan, di mana setiap metode memiliki format tersendiri. Format dalam menulis karya ilmiah merupakan alur-alur jalan pikiran yang terdapat dalam sebuah penelitian yang dikaitkan dengan proses penulisan.

CONTOH SISTEMATIKA PENULISAN KARYA ILMIAH
Dalam pembahasan ini kita tidak akan menekankan kepada aspek-aspek penelitian seperti teknik pengambilan data, analisis data, dan teknik analisis statistika, melainkan kepada rambu-rambu pikiran yang merupakan tema pokok sebuah proses penelitian. Seperti kita ketahui bahwa penelitian adalah sebuah proses pemecahan masalah, maka penulisan karya tulis ilmaih merupakan pemaparan proses pemecahan masalah, sehingga pembaca memperoleh jawaban dari masalah yang diteliti.

Karya tulis ilmiah hasil penelitian berfungsi mengkomunikasikan ihwal gagasan atau hasil penelitian yang telah dilakukan, khususnya (a) gagasan: Apa yang menjadi permasalahan, dan Bagaimana gagasan yang dikemukakan dalam memecahkan maasalah, (b) Penelitian: apa yang diteliti, mengapa penelitian dilakukan, dan apa yang menjadi fokusnya, apa yang menjadi acuan konseptualnya, bagaimana desainnya, bagaimana data dikum- pulkan dan dianalisis, temuan apa yang diperoleh, apa kesimpulan akhirnya, dan apa rekomendasi yang dinyatakan berdasarkan temuan tersebut bagi kepentingan praktis dan pengembanga ilmu.

Bentuk karya tulis ilmiah ada dua macam, yaitu (a) panjang, contoh- nya skripsi, tesis atau laporan penelitian, dan (b) atau versi pendek, contoh- nya artikel jurnal dan makalah simposium.

A.  Sistematika Laporan Penelitian
Bagian Awal

    Hal-hal yang termasuk bagian awal adalah :
    Halaman sampul
    Halaman judul
    Abstrak
    Kata Pengantar
    Daftar Isi
    Daftar Gambar
    Daftar Lampiran

Bagian Inti
BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Kegunaan Penelitian
BAB II KAJIAN PUSTAKA 

A. Kajian pustaka setiap variabel
B. ...............

C. Hipotesis
BAB III METODOLOGI PENELITIAN 

A. Tujuan Penelitian
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Populasi dan Sampel Penelitian
D. Metode Penelitian
E.   Instrumen Penelitian
F.   Teknik Analisis Data
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 

A. Deskripsi Hasil Penelitian
B. Uji Prsayarat Analisis
C. Pengujian Hipotesis
D. Pembahasan hasil penelitian
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN 

A. Kesimpulan
B. Implikasi
C. Saran
Bagian Akhir
• Daftar Pustaka
• Lampiran
• Riwayat Hidup Penulis
f). Sistematika Laporan Penelitian Versi Pendek:
(Makalah Seminar, Artikel Jurnal Ilmiah)
1).  Pendahuluan
2).  Metode
3).  Temuan dan Pembahasan
4).  Kesimpulan dan Rekomendasi
5).  Daftar Pustaka
Demikian informasi yang saya dapat dan saya bagikan untuk kalian yang tertuang dengan judul artikel Contoh Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Semoga dengan artikel ini kalian dapat mengerjakan karya tulis ilmiah sesuai dengan sistematika yang sudah ditentukan sehingga akan tertata rapi dan runtut isi dalam karya tulis kalian.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url